kapan batita r balita sekolah ?

Orangtua dengan anak usia 2-4 tahun mungkin mulai bertanya tanya. Apakah anaknya akan didaftarkan ke taman bermain atau kelompok bermain (KB) atau playgroup (PG) sekarang atau tahun depan. Sekolah untuk anak usia ini tergolong sebagai pendidikan anak usia dini (PAUD) sehingga tidak ada batasan jelas usia anak sekolah untuk memulainya. Beberapa sekolah bisa menerima anak anak dengan usia 2,5 tahun beberapa sekolah lain tidak memberikan persyaratan umur.

Perkembangan fisik, sosial, emosi anak lebih menentukan kesiapannya untuk memulai KB. Karena mulai belajar di KB berarti anak sudah mulai harus disiplin untuk datang ke sekolah, mengikuti program sekolah yang terstruktur dan belajar dengan anak anak yang lain. Sebagian dari kita merasa bahwa anak sudah cukup siap untuk KB karena kita beranggapan dia sudah bisa melakukan ini dan itu.

Patricia Henderson Shimm, dari Barnard College Center for Toddler Development memberikan panduan untuk melihat kesiapan anak memulai KB.

Apakah dia cukup mandiri ?

Dia sudah harus bisa melakukan beberapa hal sendiri, misalnya cuci tangan, makan, minum dan ke toilet. Beberapa KB tidak memperkenankan anak memakai diapers sehingga menuntut anak untuk bisa ke toilet sendiri. Kemandirian anak sangat dituntut bahkan ada juga yang tidak memperkenankan orangtua memberi bantuan selama anak di lingkungan KB.

Apakah dia sudah biasa terpisah dengan orangtuanya ?

Anak anak yang ditinggal kedua orangtuanya bekerja biasanya lebih siap mengikuti KB. Dia biasa dirumah sendiri dengan pengasuhnya. Tapi anak anak yang sehari hari diasuh oleh ibu atau bapaknya, akan sedikit kesulitan. Anak anak ini biasanya lebih kolokan. Untuk memulai KB, anak anak ini bisa sedikit sedikit ditinggal orangtuanya. Pertama mungkin harus ditunggu sepanjang ahri. Hari berikutnya ditinggal keluar ruangan beberapa saat lalu kembali. Hari berikutnya bisa ditinggal lebih lama lagi.

Apakah dia sudah bisa mengerjakan sesuatu sendiri ?

Sama halnya dengan kemandirian. Di KB diharapkan anak anak sudah bisa mengerjakan semua sendiri, tanpa bantuan dari orang dewasa. Perhatikan, apakah dirumah dia sudah terbiasa menggambar atau bermain sendiri tanpa keikutsertaan orang tua?

Apakah dia siap bermain dengan kelompok ?

Anak usia 2-3 tahun umumnya sudah mulai melewati masa pengenalan lingkungan. Setelah melewati masa pengenalan rumah dan keluarga dekatnya, dia mulai bergaul teman temannya di sekitar rumah. Di KB sebagian besar permainan dan pembelajaran dilakukan secara berkelompok, pastikan dia sudah melewati masa ini agar tidak anak tidak mengalami kesulitan di lingkungan barunya.

Apakah dia sudah terbiasa melakukan sesuatu secara teratur ?

KB ada pengenalan paling awal dengan sistem sekolah. Di sekolah anak anak harus mengikuti seluruh peraturan yang ada di sekolahnya. Anak mulai diajak untuk berdisiplin dengan jadwal pembelajaran yang sudah ditentukan. Kapan saatnya bermain di luar, bagaimana supaya anak bergiliran menggunakan perosotan, bagaimana ketika teman yang lain atau pembimbing sedang berbicara, bagaimana setiap pagi dia harus berangkat ke KB.

Apakah dia mempunyai cukup stamina ?

Kegiatan sehari hari di KB sangat melelahkan, bahkan bagi kita orang tua. Untuk itu anak dituntut untuk memiliki stamina yang cukup untuk ikut serta. Perhatikan juga jadwal tidurnya. Apakah dia terbiasa tidur siang di jam jam aktifitasnya KB? Perhatikan jadwal bangun paginya, apakah dia sudah terbiasa bangun pagi atau baru bangun jam 11 siang?

Mengapa kita ingin agar dia mulai KB ?

Ini terkait dengan alasan orang tua untuk memulai KB. Apakah orangtua berpikir agar dia secepatnya ke KB lalu ke TK dan memulai SD lebih awal? Ataukah karena orangtua sudah tidak sanggup dengan ‘kebandelan’ nya dirumah lalu mengirimnya ke KB? Atau orangtua melihat si anak sudah sangat ingin belajar hal hal baru dan menarik yang tidak lagi dia temukan di rumah? Atau orangtua berpikir agar anak lebih berinteraksi dengan anak lain di luar kesehariannya ?

Tapi jika kita runut batasan usia sekolah dari SD kita mungkin bisa menemukan formulanya. Jika anak usia 6 tahun diharuskan mulai belajar di SD. Lalu masa belajar di taman kanak kanak (TK) adalah 2 tahun. Dan masa belajar di KB bervariasi antara 1 dan 2 tahun. Maka KB bisa dimulai di umur 2 atau 3 tahun. Di Amerika, sebagian besar orangtua memulai preschool di usia 3 tahun lalu memulai TK di usia 5 tahun.

sumber :

http://indrariawan.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s