melatih batita minum dari gelas

setelah genap berumur 2tahun kemarin, Bunbun mencoba dR untuk belajar minum dari gelas…Bunbun sudah siapkan gelas plastik warna – warni plus gelas yang dR pilih sendiri waktu ke swalayan kemarin…

wah, hari – hari pertama sih dR na enjoy saja…tidak ada masalah saat minum susu di pagi n siang hari…mungkin karena dia masih suka dengan gelasna r merasa tertarik dengan kegiatan baruna itu…walaupun alhasil untuk menghabiskan 120ml susuna saja Bunbun harus ekstra sabar untuk menunggu…yang harus disela main dulu r menungguna berhenti lari kesana kemari…tapi yang paling menantang adalah memberi pengertian kepadana bahwa kalau minum susu pakai gelas berarti tidak bisa diminum sambil tiduran…r bolak – balik bilang “tidak apa -apa” ketika susuna menumpahi baju yang dia kenakan…

nah…giliran malam nih…ternyata dR masih merengek untuk minum susu dari dotna…kasihan juga sih n daripada tidak minum susu, jadina Bunbun kasih lagi deh dotna…hanya untuk malam saja ya, de…

Bunbun pernah baca tentang melatih balita untuk memulai minum dari gelas, tapi lupa darimana sumberna…untuk referensi, bisa dicoba…

Untuk mau minum dan akrab dengan gelas perlu melalui beberapa tahap pendekatan terlebih dahulu. Berikut tips melatih balita usia 1-2 tahun pindah dari dot ke gelas:

–   Tentukan waktu yang tepat.  Waktu yang tepat adalah ketika balita merasa nyaman dan sehat secara fisik.

–   Bentuk tim pendukung untuk kompak melarang balita menggunakan lagi dotnya.   Beritahukan kepada nenek/kakek untuk ikut mendukung balita pindah ke gelas.

–   Kondisikan perubahan dengan mulus.  Hindari langsung merebut botol dot dan batasi pemakaian dot sebagai awal proses pindah dan sebagai gantinya alihkan sedikit demi sedikit ke gelas.

–   Berikan pilihan gelas yang lucu untuk menarik perhatian balita.  Namun, jangan lupa pula memilih gelas yang tepat dan sesuai untuk anak, baik ukuran maupun berat. Untuk tahap awal, gelas dengan dua pegangan dan bagian dasarnya lebih berat cocok untuk digunakan.

–   Beri contoh memegang gelas yang benar, dan biarkan balita mengikuti Anda. Atau Anda juga bisa menceritakan contoh anak pintar yang mau minum dari gelas. Biasakan minum dari gelas sendiri. Jangan karena Anda malas membantu memegangi gelasnya, lantas Anda kembali menyodorinya botol.

–   Beri pujian saat anak mulai menunjukkan usaha minum dari gelas dan menjauhi botolnya, meski caranya minum membuat baju dan lantai basah. Pujian Anda membuat anak merasa dihargai usahanya sehingga ia terpacu mengulangi kembali perilaku baik itu.

Dalam mengajarkan balita pindah dari dot ke gelas memang membutuhkan waktu dan tenaga. Orang tua dan orang-orang di sekitarnya harus teguh dan konsisten dalam melatih perpindahan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s