mengobati batuk berdahak

Menurut salah satu sumber yang saya dapatkan yakni Wikipedia, batuk merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Dari pemaparan pengertian batuk diatas pastinya Anda pernah mengalami batuk. Gejala yang satu ini sangatlah mengganggu pada saat Anda beraktivitas sehari-hari.

Penyebab batuk sendiri bermacam-macam, berikut ini saya akan memaparkan penyebab batuk yang sering kali Anda alami, diantaranya sbb:

1. Infeksi saluran pernafasan bagian atas atau yang sering kali disebut ISPA

2. Asma atau Tuberculosis

3. Alergi

4. Benda asing seperti debu yang secara tidak sengaja masuk kedalam saluran nafas.

5. Tersedak pada saat meminum sesuatu

6. Menghirup asap rokok atau pun asap yang lainnya.

Nah kali ini saya kan mencoba berbagi kepada Anda cara mengatasi batuk secara alami. Metode yang saya berikan ini merupakan metode tradisional yang telah terbukti dari hasil penelitian. Yang pertama adalah dengan metode Hidroterapi, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat kompres lokal dengan kain yang dipulas dari air mendidih atau kain yang diuapi. Langkah kedua, hiruplah udara hangat dan lembab melewati permukaan selaput-selaput lendir dari saluran pernafasan yang berasal dari uap air panas. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan peradangan dan kongesti pada selaput-selaput lendir dari saluran pernafasan bagian atas.

Metode yang kedua adalah pengobatan dengan menggunakan tanaman obat. Beberapa tanaman obat yang dapat Anda pakai diantaranya adalah:

1. Daun Legundi (Vitex negundo L.)

Rebuslah empat sendok makan daun kering yang telah dirajang kasar atau enam sendok makan   daun segar yang dirajang dalam dua gelas air selama 15 menit, dan kemudian minumlah. Untuk dosis orang dewasa adalah ½ mangkuk dan diminum 3 x sehari. Sedangkan untuk anak-anak berusia 7-12 tahun ¼ mangkuk, usia 2-6 tahun 2 sendok makan, dan untuk balita 1 sendok teh dan semuanya di minumkan 3 x sehari.

2. Daun Jinten / Daun Kucing (Coleus aromaticus Benth)

Rebuslah satu mangkuk daun segar yang dirajang dalam dua gelas air selama 15 menit, kemudian minumlah. Untuk dosis orang dewasa dan anak-anak berusia 7-12 tahun ¼ mangkuk, untuk anak-anak berusia 2-6 tahun 2 sendok makan, dan untuk balita 1 sendok teh, semua diminumkan 3 x sehari.

3. Daun dan bunga Krisan (Chrysanthemum indicum L.)

Rebuslah satu mangkuk daun kering serta bunga krisan yang dirajang atau 1½ mangkuk daun segar bersama bunganya dalam dua gelas air selama 15 menit. Dosis yang diperlukan untuk orang dewasa ½ mangkuk setiap 4 jam sekali, sedangkan untuk anak-anak usia 7-12 tahun ¼ mangkuk, usia 2-6 tahun 2 sendok makan, sedangkan untuk balita menggunakan takaran 1 sendok makan dan semua ini diminumkan setiap 4 jam sekali.

4. Daun dan Bunga Tembelekan (Lantana camara L.)

Rebus satu mangkuk daun serta bunga segarnya yang dirajang dalam 2 gelas air selama 15 menit. Takaran yang diperlukan untuk orang dewasa ½ mangkuk, anak-anak usia 7-12 tahun ¼mangkuk, usia 2-6 tahun 2 sendok makan, balita 1 sendok teh dan semuanya diminumkan 3 x sehari.

5. Daun Alagaw (Premna odorata Blanco)

Rebus satu mangkuk daun segar kedalam 2 gelas air selama 15 menit, kemudian peraslah 2 buah jeruk nipis kedalamnya serta satu sendok makan gula. Dosis untuk orang dewasa ½ mangkuk, anak-anak usia 7-12 tahun ¼mangkuk, usia 2-6 tahun 2 sendok makan, usia balita 1 sendok teh dengan takaran untuk meminum setiap 4 jam sekali untuk semua kategori usia.

Demikian tips singkat dari saya mengenai cara mengatasi batuk secara alami, dan perlu Anda perhatikan pengobatan seperti ini(memakai bahan alami) adalah pengobatan yang rendah resiko. Dapat saya artikan pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alamiah memungkinkan tidak memiliki efek negatif dalam tubuh. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan efek negatif yang akan muncul pada saat Anda meminumnya.

sumber :  http://bryanfrandika.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s